Rabu, 08 Mei 2013

ASURANSI PENTINGKAH?



Suatu pagi, ketika saya bangun, badan saya sakit. Untuk digerakkan saja susah. Apalagi harus kerja pula. Saya segera meminta tolong isteri saya beli obat untuk meredakan rasa sakit. Sejenak saya teringat teman saya yang menawarkan asuransi. Ia mengatakan kalau kita sakit kemudian masuk rumah sakit sedangkan kita belum punya asuransi ingin membuat asuransi, tak ada perusahaan asuransi manapun yang menerima kita. Alasannya karena perusahaan asuransi untuk orang yang sehat.
Kalau saya ditakdirkan meninggal dunia pasa waktu itu. Saya hanya meninggalkan keluarga hutang, anak isteri yang membutuhkan makan dan kerabat yang membutuhkan saya. Kalau kita mau meninggal terus kita minta asuransi maka tak ada perusahaan asuransi yang mau menerima kita. Alasannya karena perusahaan asuransi untuk orang yang hidup.
Dari pernyataan di atas, kalau saya mempunyai asuransi. saya dapat meminimalisasi risiko yang tak diduga. Tak ada yang bisa mengantisipasi atau menduga terjadinya suatu kemalangan yang fatal. Dengan asuransi, perlindungan bisa didapat sehingga akan terasa meringankan.
Kalau kita mempunyai asuransi, keluarga lebih terjamin. Jika terjadi sesuatu pada kepala keluarga, ada “dana cadangan” yang bisa digunakan untuk membantu keluarga. Coba banyangkan kalau kita siap dari sekarang, mumpung masih muda, mumpung masih sempat, mumpung masih sehat, dan mumpung masih hidup.
Kalau mempunyai anak, banyak hal yang bisa disiapkan. Pendidikan anak, pengeluaran keluarga bulanan, hingga berbagai kebutuhan yang sifatnya rutin, bisa terbantu dengan dana talangan yang sudah disiapkan dari skema asuransi jiwa.
Selain itu, banyak fasilitas memudahkan bisa didapatkan. Asuransi jiwa kini banyak digabung dengan berbagai perencanaan lain yang bisa membantu saat-saat sulit di masa depan. Ada yang menabung hanya tiga tahun, hasilnya setiap tiga tahunnya mendapat 5% sampai 10% sampai umur 65 tahun.
Asuransi juga dapat menenteramkan pikiran. Bagi yang menjadi kepala keluarga, adanya asuransi jiwa bisa membuat pikiran lebih tenteram karena akan ada dana cadangan bila terjadi sesuatu kelak. Dengan begitu, kerja bisa lebih tenang dan hasil pun lebih maksimal.
Pentingnya asuransi biasanya baru disadari saat sudah terjadi kemalangan dan membuat kita kesulitan apa lagi jika kita tidak punya cadangan dana. Karena itu, sebelum terlambat, segeralah sediakan diri untuk melindungi keluarga tercinta dengan asuransi jiwa.
(email: asequis@gmail.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar